Terima Kasih Banyak, Babe Jonan

TERIMA KASIH.

Hanya itu yang bisa gue ucapkan ke Ignasius Jonan, seorang sosok yang mengubah cara berfikir gue 6 tahun belakangan sejak dia mengemban tugas sebagai Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia. Jonan adalah satu satunya menteri yang gue ikuti sepak terjangnya, I HATE POLITICS, I TRULY AM. Gue gapernah peduli dan males ngikutin politik indonesia dan luar negeri. Tapi semua berubah ketika Jonan naik jabatan menjadi Menteri Perhubungan di awal kabinet jokowi pada Oktober 2014 dan berakhir kemarin 27 Juli 2016 karena terkena reshuffle kabinet.

Ignasius Jonan, yang membawa banyak perubahan di dunia Perkeretaapian Indonesia, beliau membawa Revolusi mental pegawai PT KAI, sistem penghilangan tiket berdiri untuk KA Jarak Jauh sebuah sistem yang memanusiakan manusia di kereta api, sistem online ticketing dan reservasi H-90, nama di tiket harus sesuai dengan Identitas dan banyak lagi perubahan yang dibawa oleh Lulusan Akuntansi Universitas Airlangga ini

Babe, itulah sebutan gue buat Pak Jonan, karena babe jonan adalah sosok yang ramah kepada penumpang terutama anak anak muda. Babe Jonan adalah sosok yang tegas, gak neko neko, humoris dan apa adanya. Itu terbukti dengan perubahan yang dibawa ke kereta api, gak sembarangan orang bisa mereformasi sebuah perusahaan sebesar PT. KAI. Babe jonan ditunjuk jadi Menteri Perhubungan pada awal Kabinet Kerja Presiden ke 7 Republik Indonesia. Jujur gue kaget, gue merasa babe belom pantes buat menjabat RI 36, kenapa? Karena babe baru berkecimpung di dunia perkeretaapian indonesia selama 5 tahun 8 bulan. Babe jonan belom ada pengalaman di bidang transportasi Darat, laut dan Udara.

Tapi apakah prestasi dan kinerja babe buruk? Menurut gue pada awalnya iya, seperti kasus AirAsia Desember 2014, delayed Lion Air November 2015 dan kasus pelarangan Ojek Online desember 2015. Tapi itu hanya masalah penanganan saja, cara penanganan babe jonan menurut gue masih tergesa gesa, ya walaupun memang tujuan dia baik, untuk keselamatan para penumpang, tapi hanya saja cara penyampaiannya salah.

Bagaimana dengan Brexit? Banyak yang bilang Jonan bertanggung jawab akan hal ini. Menurut gue? TIDAK. Siapapun menteri nya, brexit kan tetap kejadian. Brexit adalah sebuah kejadian yang disebabkan oleh pemaksaan penggunaan jalur tol baru dan belum ada perencanaan yang matang.

Kemudian apakah Jonan berhasil membuat sesuatu pada saat menjadi RI 36? Seperti yang dia lakukan di PT. KAI, Jonan membawa revolusi mental di kementrian perhubungan. Banyak sikap tegas yang dia lakukan dan tetap berpegang teguh kepada pendiriannya. Transportasi di Indonesia menjadi lebih tertata dan para penumpang lebih dimanusiakan oleh para penyelenggara Jasa Angkutan transportasi, terlihat dari lebih rapih nya kondisi Stasiun, Terminal dan Bandara. 

Lalu, apakah jonan pantas untuk dilengserkan pada reshuffle kedua pemerintahan Jokowi? Menurut gue tidak, seharusnya Jonan dibiarkan tetap mengemban tugas sebagai menteri perhubungan hingga akhir masa jabatan di 2019 mendatang. Menurut gue Jonan kena reshuffle karena Jonan adalah orang yang menghadang proyek KA Cepat Jakarta – Bandung yang memang dari awal dia tidak setuju akan pembangunan proyek yang diusulkan oleh Menteri BUMN Rini Soemarmo. Entah benar atau tidak, tapi gue merasa hanya itu alasan yang logis kenapa Babe Jonan dilengserkan di perombakan kabinet jokowi.

terima kasih Babe, selama 5 tahun 8 bulan mengemban amanat sebagai KAI 1 dan mengemban tugas sebagai Menteri Perhubungan selama 1 tahun 9 Bulan, Jonan bekerja 24 jam sehari dan 7 hari seminggu untuk negara mulai dari Februari 2009 hingga Juli 2016. terima kasih atas pengabdian bapak yang bekerja dengan sepenuh hati untuk Bangsa Indonesia yang tercinta.

 

TERIMA KASIH DAN SELAMAT JALAN BABE JONAN

Pratito Wibowo

Perihal garudasenayan
bisa dibilang penulis karena gue punya blog. bisa dibilang mahasiswa karena gue masih kuliah, bisa dibilang RailFans karena gue suka banget sama kereta, bisa juga lo bilang gue ganteng karena nyokap gua bilang begitu

Tinggalkan Balasan

