Tur de Prami Kereta Api

iya, perjalanan gue kali ini gue namakan tur de prami, kenapa? karena gue jalan jalan naik kereta dan ngincer kenalan sama Pramugari keretanya, muahahahhaha. kaget Kereta Ada pramugarinya? kemana aja sobbb

oke, semua diawali dari hari senin yang indah, 11 agustus 2014. hari dimana matahari menyambut gue dengan riangnya 😀

sang mentari menemani awal perjalanan gue, dari rumah ke stasiun gambir, gue naik KA nomer 1 Di Indonesia, kalo KAI bilang sih “The Most Luxurious Train” yaitu Argo Bromo Anggrek

jam 7.40 gue sampe di gambir, setelah ngelewatin boarding pass, yang menurut gue ini sistem bagus banget untuk mengurangi calo. btw, kereta gue berangkat 9.30, =D, ya namanya juga anak kereta, di tiket kan ada tulisan boarding 2 jam sebelom keberangkatan, jadi ya gue ikutin aja 😛 berhubung masih lama, jadinya ya gue muter muter stasiun gambir, stasiun yang dibangun tahun 1884, dulu posisinya masih dibawah, +2 mdpl, tapi taun 1990 jalur Jakarta Kota – Manggarai dibuat proyek besar jalan layang biar mengurangi angka kecelakaan dan kemacetan di jalan. akhirnya jadilah gambir yang seperti sekarang dan sudah standar internasional

sesuai dengan judul gue kali ini, 2 Pramugari pertama yang gue samperin adalah pramugari, eh prami aja yah, biar lebih enak gitu. 2 prami yang gue samperin adalah Praminya Argo Parahyangan, Kereta Api Relasi Jakarta Bandung

1,5 jam nunggu, akhirnya kereta gue dateng juga brohhh, KA Reguler paling mewah diseluruh Indonesia, KA Argo Bromo Anggrek dengan rangkaian khasnya yang warna ijo kaya uler keket

mungkin bisa gue kasih sedikit sejarah tentang KA Argo Bromo Anggrek ini sendiri, ini versi gue, sebenernya mah bisa lo cari di gugel, tapi yaudahlah biar coba gue jelasin yah. tahun pas awal keluar,  KA Argo Bromo Anggrek ini sebenernya dulu 2 kereta terpisah, dulu nomer perjalanan KA 1-2-3-4 itu KA Argo Anggrek, terus KA 5-6 Itu Argo Bromo, jalurnya sama, Gambir – Surabaya Pasar Turi via Semarang. KA 1-2-3-4 dinamain JS950, yang artinya Jakarta-Surabaya 9jam dan diresmikan di HUT RI yang ke 50, berbarengan dengan JSO 750, yang pada akhirnya berubah jadi Argo Lawu, yang artinya Jakarta – Solo 7 jam dan diresmikan di HUT RI ke 50. pas awal tahun 2000an, 2 kereta ini dilebur, dan jadilah KA Argo Bromo Anggrek, “The Most Luxurious Train in Indonesia”.

Argo Bromo Anggrek ini punya rangkaian unik, KA ini pake bogie k9, ya itu air suspension. dulu k9 ini dipake sama 5 kereta, Argo Bromo Anggrek, Argo Muria, Argo Sindoro (Gambir-Semarang Tawang PP) Argo Lawu dan Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan PP). tapi berhubung gak cocok buat jalur pegunungan yang belok nya banyak, rangkaian ini dicabut dari Kota solo, dan pada akhirnya dicabut juga dari kota semarang, dan melenggang sendirian dari surabaya ke jakarta…….

itu baru luarnya, ini isi daleman dari KA paling mewah se Indonesia

Ga heran kan kenapa Jakarta – Surabaya dibanderol dengan harga 400-550rb? pelayanan, fasilitas, rangkaian dan kecepatan itu jadi keunggulan KA Argo Bromo Anggrek, nomer perjalanan KA nya 1-2-3-4. dengan kata lain ga ada yang bisa nyusul ini kereta kalo lagi jalan, Kecuali ada RI 1 Yahh :p Jakarta – Surabaya ditempuh 9 kurang lebih 10 jam.

dan praminya juga mangstab gannn, prami yang diutus udah senior semua, tapi wajah masih kece buat ngawal KA NO 1 di Indonesia ini

praminya ramah kok, ajak ngobrol aja sambil pesen makanan, pasti deh mau diajak ngobrol, Crew KA itu seru semua loh 😀

sampe di kota pahlawan gak seru kalo ga jalan jalan, gue punya 36 jam buat jalan jalan. beruntunglah gue punya tementemen dari Standup indo kota surabaya, Akbar Halim dan Revina Violetta, jadi mereka menjamu gue di kota pahlawan.

Mas Akbar Halim, menjamu gue dengan kuliner Surabaya yang ngaco ngaco, dari Bebek Penyet, Angkringan, Ayam Penyet, dan kalo ga ada akbar gue gabisa idup, soalnya kita tinggal sekamar di kosan sampe nemuin YKS versi jalan basuki rahmat, hahahahaha :*

kemudian Revina Violetta, well, finally i met this little angel. spend 1 whole day with her. so much fun. miss you so little angel. gue juga dijejelin makanan ngaco sama anak surabaya yang satu ini, Nasi Cumi sama Rawon Kalkulator dan mall ciputra, yang katana tempat anak gaoel surabaya

pokoknya kalo lo punya temen komunitas dan lo ga nyamperin mereka di kota mereka ga bakalan seru jalan jalan lo, itu kata yang gue kutip dari mas Akbar

selesai muter muter kota pahlawan, gue hijrah ke kota pelajar sebentar, naik KA Sancaka, dan inilah yang gue dapet dari KA Sancaka, makan siang bareng Customer Service On Train nya :3

abis makan siang di malioboro, gue hijrah ke kotanya pak jokowi, Solom buat bermalam disana, soalnya tiket pulang itu KA Argo Lawu, Solo – Jakarta. dan disini kembali membuktikan, bahwa teman komunitas itu sanggat membantu. gue nginep di kosan anak Railfans, cah sragen, Kimi Fajri Raikkonen *nama asli disamarkan*, juragannya argo lawu 😀

mungkin efek kecapean, gue jadi bablas tidur abis ditraktir sama cah sragen, dan kebangun jam 6 pagi, langsung cuss ke stasiun Solo Balapan.

masih efek kecapean, gue bablas tidur sepanjang perjalanan Solo – Cirebon, gue bangun udah masuk stasiun cirebon, dan ga sempet kenalan sama prami agro lawu :(. sial gue ga sampe situ aja, ternyata KA 7 Argo Lawu yang ditarik Lokomotif CC 206 13 94 dari dipo induk Bandung, yang biasa narik Kereta – Kereta dengan jalur berkelok khas daerah bandung mogok di klari -____-. ketahan lah 2 jam disana, dan akhirnya jam 7.40 baru masuk gambir yang seharusnya masuk jam 5.30.

Tentang garudasenayan
bisa dibilang penulis karena gue punya blog. bisa dibilang budak korporat karena masih kerja sama orang, bisa dibilang RailFans karena gue suka banget sama kereta, bisa juga lo bilang gue ganteng karena nyokap gua bilang begitu